July 1, 2020

Olahraga Softball

Softball adalah jenis permainan olahraga bola kecil yang dimainkan dalam tim yang terdiri dari 2 tim. Setiap tim berjumlah 9 orang dan dipimpin oleh satu kapten. Softball adalah pengembangan dari olahraga yang serupa, yaitu baseball (bisbol) atau hardball.

Permainan softball berasal di Amerika Serikat dan diciptakan oleh George Hancock pada tahun 1887 di kota Chicago. Diameter bola softball adalah 28-30,5 cm. Dalam permainan softball, ada tim yang berjaga (defense) dan tim yang memukul (offence).

Cara memainkannya adalah bola dilemparkan oleh seorang pelempar (pitcher) dan target pemain lawan yang memukul (batter) menggunakan tongkat (bat). Setiap tim berlomba untuk mengumpulkan poin atau berlari dengan melingkari tiga marka runner base untuk menyentuh penanda terakhir yang disebut home plate.

Tim atau regu yang telah mencetak angka terbanyak atau berlari di babak yang telah ditentukan adalah pemenangnya. Durasi atau durasi permainan softball adalah 7 inning atau selama 2 jam.

Sejarah Permainan Softball

Permainan softball pertama kali lahir di Amerika Serikat, diciptakan di Farragut Boat Club Sports Building Chicago, Illinois pada 16 September 1887 secara tidak sengaja oleh George Hancock.

Awalnya ada sejumlah alumni Yale dan Universitas Harvard mendengarkan hasil akhir pertandingan sepak bola Amerika antara Yale dan Harvard di klub Farragut Boat. Setelah skor akhirnya diumumkan, kemenangan Yale, seorang alumni Yale dengan antusias melemparkan sarung tinju ke pendukung Harvard. Seseorang dengan refleks mengambil tongkat dan memukul sarung tinju. Melihat hal ini memberikan gambaran seorang reporter Chicago Board of Trade, George Hancock. Dia menyarankan untuk membuat permainan di ruangan dengan bola yang terbuat dari sarung tinju yang dilemparkan sebelumnya. Dia mengambil sarung tinju dan mengikatnya dengan erat menggunakan tali, sehingga menyerupai bola. Kemudian dengan beberapa batu kapur, Hancock menandai lantai Farragut Boat menyerupai lapangan bisbol.

Sebagai kelelawar, sapu digunakan. Tim dibagi menjadi dua dan Hancock meneriakkan kata-kata “Mainkan bola”, kemudian pertandingan dimulai dengan skor akhir 44-40. Sejak saat itu, permainan bisbol versi dalam ruangan dikenal. Dinamakan baseball indoor. Karena bentuk bola berubah, nama Softball sebelumnya disesuaikan bahan yang digunakan untuk membuat bola, sehingga nama yang digunakan pada waktu itu adalah bola kucing, bola tentara, bola bubur, dan juga indoor-outdoor, bola rekreasi, dan taman bermain bola

Pada awal abad ke-20 softball mulai dimainkan di luar ruangan seperti yang dilakukan di dalam ruangan. Pada tahun 1908 organisasi amatir permainan baru yaitu (National Amateur Playground Ball Association of United States) mengatur olahraga ini untuk dimainkan di luar ruangan menggunakan bola yang lebih besar. Pada tahun 1923, Kongres Rekreasi Nasional meminta komisi untuk mengenali olahraga ini, dan pada tahun 1926 nama “softball” digunakan meskipun belum diformalkan.

Pada tahun 1933, kejuaraan dunia pertama diadakan di bawah perlindungan Amatir Softball Association of America yang telah digunakan sebagai aturan dasar di Amerika. Juara untuk softball putra pada waktu itu adalah J. L. Gills dari Chicago, dan juara kelas wanita, Great Northerns dari kota yang sama. Meskipun kejuaraan yang diperebutkan adalah amatir, mereka biasanya disponsori oleh organisasi industri di wilayah tersebut.

Sejak 1933 “softball” telah menjadi nama resmi. Dan pada tahun 1934, pembentukan peraturan bersama untuk lebih membakukan peraturan bola lunak. Ada banyak perubahan pada peraturan sejak itu, terutama pada tahun 1946, di mana ada perubahan dalam jumlah pemain dalam tim dari 10 hingga 9 orang. Pemain kesepuluh disebut “shortfielder” pada waktu itu berfungsi sebagai penjaga daerah luar yang dangkal yang menutupi bagian belakang dalam. Pada tahun 1950 jarak antara lempeng pitcher dan lempeng rumah meningkat untuk anak dari 43 kaki menjadi 46 kaki (13.114 meter).

Read More: 3+ Macam Permainan Bola Besar yang Banyak Digemari

Lapangan Softball

Lapangan untuk permainan softball itu memiliki bentuk bujur sangkar. Dengan dibagi menjadi 2 daerag, yaitu daerah fair territory (wilayah yang adil) dan foul territory. Di daerah fair dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian dalam (Infield) dan bagian luar (outfield).

Di area bagian dalam ada 4 penanda (base), setiap penanda kemudian diberi nomor berlawanan arah jarum jam, mulai dari tanda awal yang disebut home plate, diikuti oleh tanda pertama, tanda kedua dan tanda ketiga. Tanda persegi panjang dengan sisi 38 cm (15 inci) dibuat sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah. Sudut dari empat penanda membentuk bentuk persegi panjang yang disebut berlian. Di belakang home plae ada batas yang disebut backstop sejauh 7,62 dan 9,14 meter.

Teknik Dasar Permainan Softball

Ada beberapa teknik yang dapat digunakan didalam permainan softball. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Teknik Melempar Bola

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalampermainan softball adalah melempar bola. Cara memegang bola softball diantaranya bola dipegang dengan diberi jarak antara bola dengan telapak tangan sehingga terdapat rongga. Jari telunjuk dan jari tengah digunakan untuk menekan bola softball, sedangkan ibu jari dan jari lainnya digunakan untuk menahan bola agar tidak jatuh. Pelambung/pelempar bola dalam permainan softball disebut dengan pitcher.

Teknik melempar bola dalam softball dibedakan menjadi 3 macam, yakni ;

  • Lemparan Atas (Overhand Throw)

Pada saat melempar bola, ayunan tangan ayunan tangan dan langkah kaki secara bersamaan dengan berat badan bertumpu pada kaki yang di depan, sedangkan badan sedikit condong ke belakang.

  • Lemparan Samping (Sidehand Throw)

Dalam lemparan samping, lengan bawah sejajar dengan bahu dan sedikit lecutan dipergelangan tangan.

  • Lemparan Bawah (Underhand Throw)

Lemparan bawah biasanya digunakan dalam keadaan darurat serta dilakukan dalam waktu yang cepat, posisi tubuh membungkuk dengan kedua kaki ditekuk.

Teknik Dasar Menangkap Bola

Teknik menangkap bola dilakukan berdasarkan arah datangnya bola, disini dibagi menjadi 3 macam, sebagai berikut.

  • Bola Atas (Straight Ball)

Posisi badan saat menangkap bola dengan teknik ini adalah berdiri, kaki kangkang, pandangan lurus ke depan ke arah datangnya bola, posisi kedua tangan harus siap di depan dada. Bola ditangkap dengan menggunakan tangan kiri yang memakai glove (sarung tangan khusus), sedangkan tangan kanan bersiap untuk melempar bola.

  • Bola Lambung

Posisi badan saat melakukan teknik yang ini adalah ditempatkan tepat di mana bola akan jatuh. Bola tersebut kemudian ditangkap dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan secara bersamaan.

  • Bola Menggelinding (Ground Ball)

Cara yang digunakan untuk menangkap bola yang menggelinding adalah dengan berlutut dan tangan yang memakai glove ditempatkan tepat pada arah datangnya bola, sedangkan tangan yang lainnya bersiap untuk menangkap dan melempar bola.

Teknik Dasar Memegang Kayu Pemukul (Bat)

Teknik dasar memukul bola dibedakan menjadi 2, yakni sebagai berikut:

Pukulan Swing

  • Sikap Awal

Sikap awal pada pukulan swing adalah berdiri dengan kedua kaki yang dilebarkan. Kemudian kaki kiri diputar mengarah tepat ke arah pitcher. Berat badan bertumpu pada kedua kaki serta badan sedikit condong ke depan. Pemukul dipegang seerat mungkin oleh kedua tangan dan posisi memukul sedemikian rupa sehingga tepat di atas bahu. Pandangan lurus kearah datangnya bola serta lengan kanan yang lebih rendah dibandingkan lengan kiri.

  • Sikap Saat Memukul

Setelah bola dilempar oleh pitcher, selanjutnya bola segera dipukul secara tepat dan cepat dengan mengayunkan pemukul ke arah datangnya bola yang dilemparkan. Posisinya adalah kaki kanan sedikit ditekuk dan kedua tangan diluruskan.

  • Sikap Akhir

Setelah bola berhasil dipukul, selanjutnya gerakan ayunan bat menuju gerakan lanjutan.

Pukulan Tumbuk (bunt)

Pengertian pukulan tumbuk adalah memukul bola tanpa wajib mengayunkan pemukul tetapi cukup menahan arah datangnya bola sehingga bola akan jatuh dekat dengan si pemukul. Pada waktu pukulan tumbuk atau bunt, sikap kedua kaki diposisikan kaki sejajar dengan arah datangnya bola.